Selasa, 18 Juni 2013

Desa Tegalwangi Juara Siskamling

JEMBER - Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari, berhasil menjuarai lomba sistim keamanan lingkungan (Siskamling) yang diadakan oleh Pemkab Jember, bersama Polres Jember. Tujuan Siskamling untuk menyadarkan arti penting Siskamling dari masyarakat untuk masyarakat itu diikuti semua Desa Se-Kabupaten Jember. Penilaiannya pun dilakukan selama satu bulan. Tim penilai adalah dari Bakesbang Linmas, dan unsur keamanan Polres Jember.

Kepala Bakesbangpol dan Linmas, Drs H Sudjak Hidayat, Msi mengatakan bahwa siskamling sangat perlu diaktifkan lagi karena sesuai program Pemkab Jember yang bersama-sama dengan keamanan (Polres Jember), menciptakan keamanan di lingkungan masyarakat. Dengan begitu ada pola pengamanan swakarsa tumbuh dari masyarakat di tiap lingkungan. Sehingga keamanan dan ketertiban itu tergantung dari masyarakat sendiri. Terbentuknya lingkungan yang kondusif, bukan peran Polisi, dan aparat lain. Tapi, dari lingkungan masyarakat sendiri. Polri hanyalah sebuah lembaga yang mengko'ordinir semua tanggung jawab keamanan tiap daerah.

Dari 31 Kecamatan yang mengirimkan wakilnya untuk diikutkan lomba siskamling se Kabupaten penilaian selama sebulan berkisar kepada aktifitas rutin sehari-hari dari masyarakat dalam siskamling.  Serta melakukan sidak ke berbagai wilayah. Menurutnya kegiatan ini juga bukan hanya lomba rutin dan sekadar mengisi BBJ, tapi kegiatan positif ini bisa terus menjadi budaya masyarakat dalam setiap momentum baik Pemilu, dan agenda besar bangsa. “Sehingga tercipta suasana keamanan tertib, dan kondusif,” ujar Sujak.

Penilaian ternyata juga dari sisi administrasi dan buku tamu milik warga, keindahan pos kamling, perangkat semisal kentongan, alat PMK dan P3K, ditambah papan tanda kentongan, ditambah petugas jaga dan piket. Kabid Linmas, Drs Hery Setiawan, Msi, menambahkan lomba siskamling ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan wilayah masing – masing. Sehingga perlu pembinaan kepada masyarakat melalui Pemkab Jember, dan Polres ditambah Kodim melalui Camat, Kades dan Babinkamtimas yang ada. “Nantinya, ada wakil dari Tingkat Polwil hingga Polda Jatim, untuk diikutkan lomba tingkat Propinsi,” ujarnya.
 
Dari 31 Kecamatan yang ikut, diambil 15 besra. Dan diuji petik menjadi 8. Juara I diraih Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari, Juara II Desa Balung Kulon, Kecamatan Balung, Juara III Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Juara IV Desa Wonosari, Kecamatan Puger, Harapan I Desa Sumberjati, Kecamatan Silo, Harapan II Desa Sukowono, Kecamatan Sukowono, Harapan III Desa Tanjungrejo, Kecamatan Wuluhan, dan Harapan IV Desa Panti, Kecamatan Panti,.

Penyerahan piala direncanakan diserahkan Bupati MZA Djalal, didampingi Kapolres dan Dandim Jember serta Kepala Bakesbang dalam acara bedah potensi desa di Kecamatan Umbulsari



 Quoted from cendanapos.com

0 komentar:

Posting Komentar